Kamar Gelap

GambarEfek Rumah Kaca. Mengapa tidak Greenhouse Effect? Ketika beramai-ramai kelompok musik menggunakan bahasa Inggris untuk nama band, mengawinkan lirik berbahasa Indonesia dengan Inggris, hingga ke special thanx dan segala prolog dan epilog-nya yang membuat otak awam berkerut, inilah band, sebuah regu musik tanah air yang menegaskan sikap mereka untuk menjadi Indonesia. Bukan kebetulan kalau Menjadi Indonesia adalah salah satu lagu mereka dalam album terakhir mereka yang bertajuk Kamar Gelap. Menjadi Indonesia benar-benar diwujudkan dalam segala tampilan produk mereka yang termutakhir ini. Menjadi Indonesia membuat mereka menampilkan Indonesia seadanya, termasuk dalam karya fotografi yang menjadi bagian dari CD ini. Lihatlah dalam beberapa foto karya beberapa juru potret. Tidak ditemui keindahan semu, terlebih segala sesuatu hiperrealitas yang artifisial sifatnya. Potret perempuan gila yang membelit badannya dengan potongan potongan kain, semuanya sangat Indonesai, sangat bangsa ini. Untuk sebagian besar artis yang menjual kemewahan, kecantikan dan ketampanan, foto orang gila barangkali adalah sesuatu yang tak mungkin akan masuk ke dalam paket rekaman mereka.

Menjadi Indonesia, pula adalah sikap mereka sebagai sebuah band. Lirik yang mereka buat tidak mengawang entah dari mana. Isu yang ditampilkan benar-benar dari fakta sosial politik yang ada di Nusantara. Di Udara, Jangan Bakar Buku, Cinta Melulu, Belanja Sampai Mati, adalah sederet lagu yang merupakan dokumentasi, adalah rekaman tentang apa yang terjadi dalam kehidupan bangsa ini sekaligus pernyataan sikap mereka tentang semuanya itu. ERK adalah kekuatan kecil dalam masyarakat, menggunakan media seni musik untuk menyampaikan pesan dan sikap mereka. Sikap mereka jelas: mereka tidak didikte pasar. Lirik-lirik lagu ERK merupakan lompatan jauh di tengah deras dan trendi-nya lirik keluh kesah cinta nan melankolik. Musik mereka mengatasi kejenuhan pakem-pakem standar musik yang mendayu khas Indo-Melayu, bersinergi dengan lirik yang memuat cakrawala berfikir yang menjadi common sense mereka yang memerhatikan kondisi sosial politik bangsa yang memrihatinkan. Inilah mengapa ERK menjadi berbeda dan dicari.

Kekuatan ERK? Setiap nomor benar-benar dibawakan dengan lepas dan mengena, menggunakan pilihan kata yang apik, dan tentulah karena berangkat dari dari pergulatan pemikiran dan pengalaman serta emosi yang tak dibikin-bikin. Musik yang mereka tawarkan kendati tetap dengan konsep minimalis; drums, bass, dan guitar, namun toh mampu membuat keindahan dan nuansa yang berkarakter mereka sendiri.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s