Bakso Lapangan Tembak Senayan Depok Town Square

Bakso Lapangan Tembak: Foto: MKW
Bakso Lapangan Tembak: Foto: MKW

Makan di mall atau pusat perbelanjaan hampir bisa dipastikan membuat kita mengeluarkan kocek lebih daripada jika makan di tempat umum. Bisa dimengerti, karena membuka usaha di mall mestilah membayar biaya sewa yang tidak murah yang pada buntutnya dibebankan pada barang atau jasa yang dipasarkan. Saya biasa membeli bakso dengan harga di bawah sepuluh ribu di kios-kios atau warung pinggir jalan. Maka membaca menu bakso di Bakso Lapangan Tembak Senayan saat pertama kali mencoba di sebuah pusat perbelanjaan di Simpang Lima, Semarang, agak mengerut juga dahi ini. ‘Untunglah’ status saya saat itu sebagai pihak yang ditraktir (terimakasih pada Andari Yurikosari, Univ. Trisakti) sehingga no need to think about price. Kesempatan kedua makan Bakso Lapangan Tembak Senayan yang cabangnya rupanya sudah tersebar di seluruh penjuru tanah air ini terjadi pada Februari 2011 silam. Saat itu, menghabiskan waktu di Depok Town Square (biasa disebut Detos), Bakso Lapangan Tembak Senayan menjadi pilihan untuk membuat hangat perut. Sudah barang tentu kalau pengalaman pertama tak berkesan, maka tak mungkin saya mendatangi bakso ini lagi. Dan justeru untuk itu saya akan tuliskan di sini:
Bakso Lapangan Tembak Senayan ini memang istimewa. Ia disajikan dengan mangkok besar dan kuah yang terbilang banyak. Ukuran mangkok yang dipakai ini hampir-hampir, seingat saya, tak pernah saya jumpai dalam dunia perbaksoan di tanah air.
Bakso kuah, menu yang ditempatkan paling atas di daftar menu, adalah yang bisa dibilang paling murah, seharga Rp.16,000. Bakso kuah alias bakso kosongan, tanpa mie. Rasanya? daging baksonya begitu fresh, tidak berbau aneh. Rasanya pure daging sapi, berserat. Walau tanpa mie, namun porsi satu mangkok cukup mengenyangkan. Istimewanya lagi adalah kuah bakso. Dalam perbaksoan saya meyakini bahwa kunci bakso yang enak adalah pada kuahnya. Nah kuah Bakso Lapangan Tembak Senayan ini terasa segar dan hangat-panas. Ia bukan bakso yang berkuah keruh dan pekat, namun bukan pula bening encer tanpa rasa. Untuk kuah, Bakso Lapangan Tembak Senayan ini tidak pelit rempah yang menghangatkan.
Overall, walaupun tentu saja harganya terbilang lebih dibanding membeli bakso di tempat lain, bagaimanapun bisa dikatakan bahwa Bakso Lapangan Tembak ini tidaklah mengecewakan. Uang yang kita keluarkan sangat sebanding dengan lezatnya bakso dan rasa kenyang yang ditimbulkan. Lagipun, jika kita sedang berjalan-jalan di mall, maka suasana di dalam Bakso Lapangan Tembak Senayan ini memberikan nuansa lebih dari nyaman untuk sejenak beristirahat.

Advertisements