Bakso Arif

Saya (paling kiri) bersama rekan-rekan dosen Fakultas Hukum dari berbagai Universitas di Indonesia kala berkunjung ke Bakso Arif, 2011
Saya (paling kiri) bersama rekan-rekan dosen Fakultas Hukum dari berbagai Universitas di Indonesia kala berkunjung ke Bakso Arif, 2011

Konon, ini adalah bakso yang termasuk paling enak di Batu, kota wisata di pegunungan dekat dengan Malang, Jawa Timur. Tempatnya tidak luas, hanya selebar kira kira dua meter memanjang ke dalam beberapa meter. Dengan tempat yang sempit itu, bakso Arif tidak bisa menampung pembeli dalam jumlah yang banyak, walau ia dikenal sebagai bakso yang laris di kota Batu nan sejuk.
Diajak oleh kolega dari Malang, bakso ini disajikan dengan bongkahan bakso besar, yang biasa disebut bakso bogem. Saya memesan bakso komplit, dan isinya adalah bakso besar, tahu bakso, lantas ada pula semacam bakwan. Rasanya? bumbu masak alias penyedap rasa amat kental terasa di kuah yang disajikan. Buat saya ini amat disayangkan karena kekuatan utama Bakso sebenarnya adalah kuahnya, dan kuah bagi saya lebih sedap jika dibuat dengan bumbu-bumbu yang ‘berani’. Sambal yang disediakan juga terkesan bukan sambal murni yang dibuat sendiri, melainkan sambal botolan, sehingga saya merasa tidak aman mengkonsumsinya. Saosnya berwarna merah darah yang membuat takut pula mengkonsumsinya. Terpaksalah tidak memakai sambal, yang artinya tidak membuat bakso jadi pedas, dan buat saya bakso tidak pedas ,jadi tidak nikmat.
Secara umum bolehlah dikatakan bakso ini lumayan dalam rasa, tapi tidak hendak dibilangkan sebagai bakso yang istimewa. Namun kalau anda ingin makan bakso yang mengenyangkan perut manakala anda berada di Kota Batu, maka, Bakso Arif ini bisalah menjadi pilihan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s