The Shadows dan Jopie Item: Sebuah Obrolan

Sore ini, waktu Belanda tentu saja, aku melihat foto album rekaman The Shadows, entah CD entah piringan hitam aku tak begitu pasti, dalam akun Facebook Jopie Item, gitaris senior Indonesia. Di bawah foto itu telah banyak komen, yang tak kubaca satu persatu. Aku turut memberi komentar di bawah foto itu bahwa The Shadows adalah pula band kesukaanku, dan Foot Tapper sebagai salah satu lagu favoritku. Bapakku almarhum cukup mengenal band ini sebagai band instrumental gitar. Aku tak ingat benar apakah keluarga kami pernah memiliki kaset The Shadows yang dibeli oleh bapak. Hanya saja ketika pertama kali membeli album Reflection tahun 1990, aku rasa sudah cukup hafal lagu-lagu The Shadow yang ada pada lagu Shadowmix. Di Australia kudapatkan kasetnya, semacam kaset kompilasi nomor-nomor klasik terbaik mereka.

Kembali pada foto rekaman The Shadow itu, pada Jopie ku bertanya apakah ada permainan dia, Jopie Item, yang terpengaruh oleh The Shadows?

Tak berapa lama komentar balasan datang, dan singkat kata ayah dari penyanyi Audy ini mengakui bahwa sejak rekamannya di tahun 1964 pun ia banyak terpengaruh oleh The Shadows. Namun bukan menjiplak, katanya. Musik pop identik dengan suara gitar, baik akustik maupun elektrik, clean sound maupun distorsi. Katanya lagi, dalam aransemen musik pop mestinya ada gitar apakah sebagai peran utama ataupun sebagai pembantu.
Aku punya sedikit rekaman Jopie Item bersama Baby Face maupun dalam proyek solo berbagai penyanyi. Dan memang sepenemuan dan sependengaranku, permainannya tidak tercium bau Hank Marvin di sana. Jopi yang kukenal selain jazzy, permainannya lebih kepada psychedelic. Band pimpinannya De Galaxies pernah pula mengiringi Rhoma Irama dan menghasilkan-setidaknya yang kutahu dan kupunya-satu album non dangdut/melayu dari Oma Irama (waktu itu ia belum memakai nama “Rhoma”).
Yang menurutku agak mirip, atau bahkan dengan sadar ingin memiripkan diri dengan The Shadows adalah Abadi Soesman Band. Baik dari gerak maupun irama musiknya yang pernah kulihat di televisi, Abadi Soesman Band memang mirip dengan gaya Hank Marvin dan kawan-kawannya: senyum tersungging setiap saat dan gerak badan yang memikat.
Nijmegen, 8 Januari 2011
Advertisements

1 thought on “The Shadows dan Jopie Item: Sebuah Obrolan”

Comments are closed.