Copy Master “To The So Called The Guilties” & “Djadikan Aku Domba-MU”

Album Koes Bersaudara To The So Called The Guilties dan Djadikan Aku Domba-Mu diremaster kembali oleh Sublime Frequencies, Seattle, Amrika pada 2010, dan patut diduga menggunakan piringan hitam asli kedua album tersebut. Remaster dari piringan hitam ditempuh mengingat pita master kedua album yang sebenarnya direkam dalam satu session itu sudah tak ada lagi. Namun begitu, sebenarnya masih terbuka kemungkinan untuk meremaster kedua album fenomenal itu dengan copy master asli kedua album tersebut yang secara tak sengaja terselamatkan oleh seorang bernama Handiyanto. Berikut adalah penuturan Handiyanto, ex teknisi Koes Bersaudara atas pertanyaan saya seputar master dua album legendaris Koes Bersaudara tersebut. Wawancara dilakukan pada 2009.

Handiyanto:

Master album “To The So Called The Guilties” dan “Djadikan Aku DombaMU” telah dihancurkan oleh pemiliknya, Dick Tamimi ketika menutup Dimita secara resmi dengan akta notaris sekira tahun 1974. Ini adalah copy master-nya yang saya buat dengan reel tape bekas atas seijin Oom Dick menjelang kepergian saya ke Jerman untuk menyusul DARA PUSPITA pada April 1969. Barangkali ini adalah satu-satunya copy master “To The So Called The Guilties” dan “Djadikan Aku DombaMU” yang masih ada di dunia. Tampak dalam gambar, pada pojok kiri saya tulisi “Guilties” serta “Domba”. Adapun Koes Bersaudara saya singkat saja jadi “Kusudara”. Di sebelah kanan tertulis Singers dan Canayawati, dua band yang saya rekam pula di pita ini.
[MANUNGGAL K. WARDAYA]
Leave a Reply

