Bakso, Soto, dan Remy Sylado

374480_10151173150303285_258019738_nPada 6 Desember 2012, Denny Sakrie (kritikus musik) memposting dalam Group Facebook AKTUIL THE LEGEND (ATL) mengenai Album Folk Rock Vol. 1 milik Remy Sylado Company. Selengkapya postingnya berbunyi demikian:

Kaset Folk Rock Vol.1 dari Remy Sylado Company ini mungkin sudah sulit ditemukan.Kaset yang dirilis di tahun 1975 ini menjadi kaset yang sempat menghebohkan saat itu terutama ketika Remy Sylado menyanyikan kalimat :”Sedangkan Yesus Tuhanku juga mencintai pelacur……..”

Setelah beberapa komentar, muncul komentar dari akun FB Harry Azharry yang berbunyi sebagai berikut:

Remy Sylado,dramawan,kritikus musik (AKA aja dibabat habis dulu,karena ada Rollies di bandung),novelis dan banyak lagi kebisaannya..emang piaway,tapi setelah terjun langsung kemusik dgn keluarnya album ini dipertanyakan apakah sudah piaway juga dlm bermusik,bandingkan dgn karya Guruh Gypsi album Kesepakatan dlm Kepekatan,atau Nyanyian Fajar leo kristi,atau Alam Raya nya Abbhama…

Saya memberi tanggapan terhadap komentar itu sebagai berikut:

Bakso nggak bisa dibandingkan dengan soto. Enak soto atau enak bakso. Guruh Gipsy baik, atau bahkan lebih complicated & technical. leo Kristi dengan akustiknya semangat minimalis, namun perkasa dalam syair dan membawa suasana natural dalam segenap bebunyian yang natural maupun artifisial. Namun album Folk Rock Remy Silado ini terbilang pioneer dalam berlagu dan bersyair yang nggak harus berprosa aaaa, nggak harus pakem dalam berlirik, nggak harus pas dalam ketukan dst. Ekspresif, tak terbelenggu aturan dan anggapan umum akan harmoni dan oleh lirik dan nada. Namun ternyata very enjoyable dan menendang pantat. Spirit ini ditemukan pula dalam (misalnya) Sir Dandy, atau The Panasdalam

Atas tanggapan/komentar saya tersebut, Denny Sakrie menulis :

Waktu saya review album Sir Dandy saya memang membandingkannya dengan sang pendahulu yaitu 23761

Saya menanggapi dengan komentar:

OK Pak, sepemikiran kalau begitu. Saya sendiri belum pernah baca review Bapak soal album Sir Dandy namun saya ada memiliki CDnya, juga The Panasdalam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s