Rush dan Overekspose Legenda Rock Klasik

59353_415647371840046_1720670796_nPada Jum’at, 8 Desember 2012 akun FB Prambudi Harinto memposting tentang debut album RUSH pada Group FB AKTUIL sebagai berikut:

The Legend RUSH dengan judul album yang sama merupakan album perdana yang direlease pada tanggal 1 Maret 1974.
Inilah satu-satunya album yang melibatkan JOHN RUTSEY sebagai Drummer kemudian digantikan oleh NEIL PEART dalam tour album ini dan album sesudahnya…

Posting yang dilengkapi dengan gambar Floppy Disk 5, 25″ (saya sendiri enggak ngerti apa maknanya) itu memancing cukup banyak komentar, antaranya adalah betapa drummer pertama John Rutsey tidak banyak dikenal, dan dalam sangkaan beberapa member group tidak ada drummer lain selain Neil Peart. Saya menuliskan sebagai berikut:

DVD [bajakan] yang mengisahkan perjalanan RUSH taun taun kemarin banyak beredar. Lumayan jadi masukan mengenai band ini termasuk drummer pertamanya.

Diskusi berlangsung cukup meriah, dengan apresiasi terhadap RUSH yang bertahan lebih lama daripada supergroup lainnya (The Beatles, Led Zeppelin misalnya). Saya menambahkan sebagai berikut:

Saya tertarik dengan statemen Billy Corgan [The Smashing Pumpkins] dalam dokumenter soal RUSH tentang pembahasan musik rock yang terlalu Overekspose atas band band arus utama seperti Led Zeppelin, Deep Purple. The Beatles, dll. Mereka semua itu, jelas Corgan, sudah overexposed. Kebanyakan dibahas, diliput. Tapi mengapa sedikit yang sudi bicarakan RUSH padahal ini band luar biasa? tanya dia, gusar. Statement Corgan adalah sebuah kritik terhadap Media, Kritik pula terhadap Masyarakat pengapresiasi Musik rock. Ini yang kemudian saya gunakan mencermati wacana musik rock klasik tanah air. Kenapa yang dibicarakan itu itu aza? ada banyak band terlupa/tidak diketahui di luar nama nama besar itu. ATL moga menjadi tawarannya, sehingga orang nggak membicarakan Guruh Gipsy terus, melainkan juga Rara Ragadi, Abhama. Tidak melulu rock band yang itu aza, tapi menengok ke Dara Puspita, Teruna Ria. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s