Resep Pisang Goreng Coklat Parut Keju

Pisang Goreng Cokelat Parut Keju Nadatjerita.wordpress.comDalam perjalanan berkendaraan mobil dari Banjarnegara menuju Pringsurat beberapa waktu lalu,  saya dan keluarga mampir ke Bakso Cak Surat, sebuah tempat makan  di SPBU Bulu, Temanggung  untuk mengisi perut. Anak saya, Nanda memesan pisang goreng coklat, berbeda dengan saya dan yang lain-lain memesan bakso. Sebenarnya saya dan isteri tidak setuju dengan pilihannya itu dan sempat menunjukkan ketidaksukaan saya pada pilihannya seraya membujuk: “besok papa bikinin aja”. Maklum, dalam pikiran kami, pisang goreng coklat adalah makanan dengan bahan baku murah, kalau dibeli di tempat seperti itu harganya pasti mahal. Dan benar adanya: pisang goreng yang kemudian dihidangkan sebenarnya hanya satu potong pisang yang diiris jadi tiga dan ditaburi coklat meises. Harganya?  limaribu perak. Tapi karena itu sudah jadi pilihannya, dan daripada dibilang sebagai orangtua yang suka memaksakan selera pada anak, kami biarkan saja ia dengan pilihannya itu…

Karena harga mahal dan juga lidah yang tiba tiba kepingin makan setelah melihat pisang goreng coklat itu, terdoronglah saya untuk beberapa hari setelah perjalanan itu untuk membuat pisang goreng seperti itu sendiri. Bukan kegiatan coba-coba karena memang dahulunya cukup sering juga membuat pisang goreng model begini. Setelah menitip isteri untuk membeli pisang kepok di Pasar Secang (satu sisir harganya limabelas ribu, Desember 2012), saya mulai membuat pisang cokelat yang sebenarnya supergampang itu. Begini  caranya:

Kupas pisang kepok, dan iris memanjang kira kira dua atau tiga irisan. Jumlahnya? tentu sesuai dengan kondisi perut dan jumlah yang hendak menyantapnya.  Oh ya, usahakan dalam memilih pisang agar jangan yang terlalu tua/matang, supaya tidak terlalu lembek jika digoreng. Setelah pisang selesai dikupas, goreng ke dalam minyak yang cukup panas selama beberapa menit. Tidak ada patokan pasti kapan pisang harus ditiriskan, tetapi kalau sudah mulai kecoklatan warnanya, bolehlah kita entaskan dari wajan.

Setelah ditiriskan dari minyaknya, letakkan pisang yang masih panas ke dalam piring. Di sini kita harus bergerak cepat: olesi pisang dengan margarin dengan merata. Usahakan ketika mengolesi margarin ini, pisang masih dalam kondisi panas betul sehingga margarin akan meleleh, mencair merata ke seluruh permukaan pisang. Dalam kondisi pisang yang telah diolesi dengan margarin yang masih dalam kondisi meleleh itulah, kita taburkan butiran meises di atasnya sesuai dengan selera. Nasihat saya, jangan terlalu banyak meisesnya, karena gula itu membunuh! Untuk menambah sedap, pisang coklat itu bisa kita taburi keju yang diparut. Banyaknya parutan keju tentu dikembalikan pada selera. Untuk keju parut ini, tak perlu harus mahal-mahal. Kita bisa pakai keju batangan denga merek yang ‘generik’ yang banyak dijumpai di supermarket maupun minimarket terdekat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s