Matisury

MatisuryAnton Triyantono,  vokalis Matisury  menghubungi saya melalui pesan pribadi di Facebook, memberikan link band-nya di situs reverbnation. Saya segera menuju “TKP”, dan kemudian memusatkan konsentrasi untuk mengapresiasi semua kebisingan yang diunggah di sana. Konklusinya?

Matisury dalam rumusan saya adalah band dengan agresivitas tinggi, technical dan sadistik. Vokal yang ditampilkan cenderung deep growl dengan guitar riff yang merangsek ke segala penjuru arah serta drumming yang konstan menghajar. Lagu “Ajaran Sampah” menjadi representasi kesemua yang menjadi kesan saya ini,  suatu kombinasi yang dalam apresiasi saya amat membunuh.

Coversong “Propaganda” yang aslinya dipresentasi Sepultura dengan teknik bervokal yang agak tinggi ditampilkan gerombolan 4 oknum ini secara berbeda walau secara keseluruhan masih mengikuti pattern asli-nya. Yang membedakan adalah drumming yang hyperblasting terutama di awal lagu dan pada beberapa verses. Aransemen yang menarik dan harus dikatakan berhasil menawarkan interpretasi baru. Matisury memanglah band dengan musikalitas kejam nan rapi  yang dalam asumsi saya ini pastilah karena chemistry para instrumentalisnya bukanlah berada di tataran elementary. “Eksekusi Mati” salah satu nomor yang groovy walau tetap ngebut dan sesekali bermain di tempo yang ‘tak terlalu kencang’ cukup menjadi bukti bahwa ini band mestilah dipandang dengan tatapan hormat.

Nijmegen, 24 February 2013

Leave a Reply

