The Blue Diamonds dan Koes Bersaudara

Akun Krisin Chandra pada 15 Januari 2014 menuliskan pesan ditujukan pada saya, dengan isi sebagai berikut:

Mas MWK,
Era 60-an ada band terkenal di Belanda namanya Blue Diamond. BD pernah main di Indonesia, diantaranya di Bandung sepanggung dengan Koes Bersaudara. Ternyata, BD yg band utama show itu kalah dari KB karena sambuta lebih banyak ke Koes Bersaudara.
 
Salah satu lagu DB yg saya masih ingat adalah Sukyaki.
Kalo disana (Belanda) mas MWK masih bisa menelusuri ttg band ini, ada baiknya karena mungkin nama Koes Bersaudara ada disinggung.
 
SJN
k

Atas posting tersebut, saya memberi tanggapan sbb:

Pak Krisin, bedankt voor uw bericht

Blue Diamond memang band Belanda, walau member nya adalah orang-orang Indo. Nggak heran, mereka djuga populair di tanah air.

Terachir tahun lalu, salah satu membernya masih aktif menyanyi. Saya ada lihat pamflet nya di supermarket yang jual barang2 oriental/Indis. Tapi sebagai band, nampaknya sudah enggak eksis.

Mereka pernah pula main di Istora 1966, opening act nya Dara Puspita. Saat itu untuk pertama kalinya anak2 Darpus pakai nama DARA PUSPITA. Bisa cek interview Dara Puspita di Youtube yang saya lakukan. Totok AR, ex Koes Plus Mark I pada saya mengatakan bahwa yang kasih nama Darpus adalah Koestono. Beliau amat yakin hal itu. Tapi ketika saya konfirmasi dengan Lies AR Darpus, beliau menyangggahnya. Nama Darpus dapat dari pihak lain.

Kembali ke Blue Diamond, saya tidak begitu minat untuk menyelidiki lebih jauh perihal BD ini. Setelah dua Darpus di Belanda, saya tertarik mencari keberadaan Lodewijk Lehmans, ex member God Bless. Hanya saja belum ada informasi keberadaannya di Nederland. Hal soal KB yang bisa saya kisahkan kaitan dengan Belanda adalah bahwa Pak Handiyanto ex roadie mereka pernah menjual kaset pita KB di Belanda ketika ia mukim di sana. Tapi menjualnya ya di toko2 komunitas Indo, jadi bukan di record shop umum. Jualannya, sayangnya tidak begitu bagus. Tentu tidak bagus jualan bukan melulu karena soal konten/kwalitas, tapi bisa jadi soal informasi dll hal.

Salam

