Sepeda Tua Original?

$_85 (2)
Gazelle 1939 koleksi pribadi. Sepeda ini aku beli di kawasan Utrecht, Belanda. Kondisinya relatif apa adanya dengan sadel Lepper yang berkarat pada besi-besi rangkanya dan cat frame yang aseli dan masih nyaris utuh kesemuanya. Lampu yang ada di depan oleh pemilik sebelumnya dipasang/diletakkan di samping bersebelahan dengan dinamo. Orisinalkah?

Pada 9 Februari 2015 dalam group FB Oude Fiets Indonesia dilontarkan wacana mengenai apa yang dimaksud dengan sepeda yang original itu. Aku termasuk salah satu member group yang  menjawab sebagai berikut

Translasi harfiah original (Inggris) ke dalam bahasa Indonesia adalah asli. Dalam bahasa Belanda ia diserap sebagai origineel, yang juga kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia sebagai orisinil. The Free Dictionary menyebut original sebagai A first form or model from which others are made or develope . Beranjak dari situ, sebuah onthel bisa dimaknai secara sempit sebagai sebuah sepeda yang asli/orisinil jika ia dalam keadaan utuh dari pembuatan dan perakitannya, tanpa pernah diganti apapun bagian tubuhnya, sekalipun dengan suku cadang dari model yang sama. Juga dikatakan asli dalam pemahaman ini adalah kondisi sepeda yang tak pernah mengalami modifikasi pada fisik semisal dilubangi, ditambahi aksesoris, ataupun dilakukan restorasi seperti pengecatan ulang. Pemahaman seperti ini menghendaki bahwa sekalipun sebuah sepeda memakai suku cadang yang dikanibalkan dari sepeda lain atau telah mengalami pengecatan ulang, sepeda itu tak akan dapat terbilang sebagai sepeda yang original.

Dalam keadaan normal, pemahaman ini akan sukar dipenuhi mengingat beberapa komponen seperti rantai, ban (baik dalam maupun luar) adalah komponen yang kerap mengalami pergantian karena konsekwensi pemakaian. Ia hanya mungkin ditemui pada sepeda yang tak pernah dipakai, hanya menjadi pajangan sepanjang hidupnya. Dalam konteks Indonesia, hal ini akan lebih sukar lagi dan bahkan akan berimplikasi begitu sukar menemukan sepeda dengan predikat original, mengingat perjalanan sejarah sepeda tua di tanah air yang pada umumnya telah berganti kepemilikan dan fungsi yang beraneka macam. Oleh karenanya, pemahaman original dalam konteks Indonesia akan lebih fair jika dipahami sebagai sepeda onthel yang menggunakan kelengkapan sepeda sebagaimana perakitan oleh pabrik, sekalipun telah mengalami pergantian suku cadang. Lepas dari itu penting mengingat bahwa originalitas sebuah sepeda adalah manakala sebuah sepeda onthel tak kehilangan apa yang oleh Jos Rietvel, seorang pakar sepeda dari Belanda sebagai “ruh” sebuah sepeda. Pemahaman seperti ini akan lebih loose/longgar, dalam arti memberi kebebasan untuk melakukan perubahan pada sepeda dengan tetap mengingat jatidiri sepeda.

comment? manunggal.wardaya@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s