Resep Mie Goreng Seafood MKW

Mie goreng. Bakmi Goreng. Sama sajalah. Keduanya adalah penganan dengan bahan dasar mie yang disajikan tanpa kuah dan dimasak dengan minyak. Campurannya bisa apa saja, sayur atau aneka daging dan bakso. Pembuatannya sangat mudah, akan tetapi justeru itu masalahnya; terlalu banyak diantara kita terlalu malas memasaknya dan lebih memilih membuat mie goreng instan dari aneka macam produsen mie lekas saji. Memang lebih praktis; mie direbus air panas, kemudian setelah beberapa saat meniriskan air dan mencampurkan bumbu-bumbu instant ke dalamnya, dan aduk. Tapi apakah sehat? Saya tak hendak membahasnya di sini, karena sudah terlalu banyak artikel yang membahas. Saya hendak mengajak membuat mie goreng sendiri yang murah dan mudah; mie goreng Seafood.

Sebenarnyalah mie goreng seafood adalah satu  dari sekian banyak varian mie yang bisa dibuat. Sebagaimana nasi goreng, tidak ada resep pakem dalam membuat mie goreng. Resep yang saya tulis ini adalah apa yang biasa saya lakukan untuk membuat mie goreng seafood. Bahan yang diperlukan tentu adalah mie kering. Ada banyak merek untuk membuat mie goreng ini, silakan dibeli di aneka toko. Bahan lainnya adalah bawang putih, juga merica serta kecap dan garam. Untuk sayurannya bisa dipersiapkan brokoli ataupun kubis. Bisa pula caisim. Sedangkan untuk seafood nya bisa berupa kerang atau udang. Jika tak punya kerang maupun udang, bolehlah diganti dengan butiran bakso. Yang terakhir ini bisa dirajang halus ataupun dibiarkan utuh sesuai selera. Sosis juga bisa jadi alternatif pengganti.

Pertama, mie kering kita panaskan dengan air agar tak lagi keras. Bisa dipanaskan di api, maupun cukup direndam dengan air mendidih dari termos. Yang pasti harus diperhatikan, jangan sampai mie terlalu lembek karena air panas/mendidih. Hal ini karena mie masih akan digoreng dengan minyak panas untuk beberapa lama, dan jika ia telah terlalu lembek maka tidak akan menyelerakan lagi jadinya. Oleh karena itu begitu mie telah melemas dan masih agak keras, segera tiriskan. Bahan lainnya seperti brokoli bisa dilakukan hal yang sama, dipanaskan sebentar untuk membuat nya tak terlalu keras jika dikunyah. Bumbu yang ada yakni bawang putih yang telah diulek/dihaluskan segera ditumis di minyak dengan api sedang. Jumlah bawang putih disesuaikan dengan selera. Untuk satu orang bolehlah dua atau tiga siung bawang. Udang dan atau kerang bisa dimasukkan di sini agar ikut panas dan menjadi cukup matang. Jika sudah cukup harum masukkan mie yang telah melunak tadi dan aduk-aduk agar merata dengan bumbu bawang putih. Masukkan pula brokoli yang telah direndam air panas dan aneka sayuran lain sesuai selera. Sambil diaduk, tambahkan garam secukupnya sesuai selera, dan juga merica bubuk ditaburkan untuk memberi rasa pedas. Jika tak punya merica bubuk, maka merica bisa digerus/diulek bersamaan dengan mengulek bawang putih. Sebelum dientaskan maka tuangkan kecap secukupnya sesuai selera. Sayur lain yang lunak seperti caisim tak perlu dipanaskan terlebih dahulu,  melainkan langsung dimasukkan saja sambil diaduk.

Sebagaimana saya tulis, bahan campuran mie bisa apa saja yang tersedia di rumah. Daging ayam boleh dimasukkan sebagai campuran dengan terlebih dahulu dirajang halus. Juga daging bakso bisa dicampurkan dan disajikan utuh maupun rajang sesuai selera. Jika bakso dalam keadaan dingin, panaskan terlebih dahulu bersama mie ketika masa persiapan awal. Telur goreng bisa menjadi pelengkap mie dalam penyajiannya. Demikian pula agar mie goreng yang kita santap menjadi penganan bergizi, campuran di dalam mie bisa ditambahkan apa saja yang sekiranya cocok. Jamur dalam botol/kaleng maupun jamur segar bisa ditambahkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s